Wah, Ada Buaya Berjemur di Pinggir Sungai Cimandiri

Kabupaten Sukabumi – Baru-baru ini warga di pinggiran sungai Cimandiri tepatnya di Kampung Caringin, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, dihebohkan dengan kemunculan se ekor buaya berukuran 1,5 hingga 2 meteran.

Meski tak mengganggu, namun kemunculan buaya tersebut nampak menghebohkan para pemancing yang mancing di sekitaran sungai.

Buaya yang menampakan diri di bebatuan yang ada di tengah sungai, juga sempat sampai ke daratan di pinggir sungai.

Menurut salah seorang warga, Abo (44), keberadaan buaya tersebut sudah ada sejak satu tahun yang lalu. “Adanya dari satu tahun lalu,” ujar Abo.

Abo mengatakan, buaya tersebut sering muncul menjelang siang hingga sore hari. Biasanya, buaya muncul kalau lapar dan suka berjemur di atas batu di tengah sungai.

“Biasanya siang munculnya nyampe sore, dia (buaya) berjemurnya di darat di atas karung di pinggir sungai. Biasanya dia keluar kalau lapar sama mau berjemur,” kata Abo sambil menunjuk tempat buaya berjemur.

Abo menyebutkan, buaya yang berukuran sekitar 1,5 hingga 2 meteran itu tidak pernah mengganggu warga sekitar yang beraktivitas, terlebih warga banyak yang turun ke sungai mengambil pasir.

“Gak pernah menggangu, kalau ada sedang aktivitas warga di sungai, itu dia (buaya) biasanya gak muncul, saat muncul juga kalau lihat ada warga di perahu saat ngambil pasir itu dia diam saja, kadang suka pergi karena dianya takut,” terangnya.

Menurutnya, buaya tersebut bersarang di sebuah lubang yang ada di Muara Sungai Cimandiri.

“Kayanya dia diam di lubang yang ada di semak-semak pinggir sungai, disitu kan ada lubang 3, salah satunya milik PLTU, lubang pembuangan air dari PLTU, kayanya diamnya disitu, soalnya setiap saya lihat selalu keluar dari situ,” tuturnya. ***