Wisatawan Menyemut dari Puncak Habibi Hingga Ujung Genteng Sukabumi

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi– Libur panjang Idul Fitri 1440 M seakan menjadi waktu yang tak bisa di sia siakan. Dalam liburan kali ini, pantai menjadi primadona yang diburu oleh para wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya.

Buktinya, Pantai Ujung Genteng, dan kawasan wisata Geopark Ciletuh Palabuanratu, juga Pantai Sawarna. Para pengunjung singgah di tempat-tempat wisata yang ada di kawasan selatan Kabupaten Sukabumi, sepeeti tempat spot selfi sekaligus res area bagi wisatawan.

Terpantau, dari mulai Pantai Cibuaya hingga Pantai Ujung Genteng pengunjung memadati area pantai. Selain itu kondisi arus lalu lintas menuju kawasan pantai juga mengalami kemacetan.

“Pantai penuh sejak hari pertama setelah lebaran,” kata Ketua Rukun Nelayan Ujung Genteng Asep JK (38), kepada Masaginews.com melalui pesan singkat. Sabtu (8/6/2019).

Asep menjelaskan, selain kondisi pantai dan jalan yang dipadati pengunjung, sejumlah penginapan atau Hone Stay yang ada di Ujung Genteng dan Cibuaya juga sudah dipenuhi pengunjung. Para wisatawan sengaja menginap beberapa hari, untuk menikmati keindahan pantai dan melihat pelepasan Tukik di Penangkaran Penyu Penyu di Pantai Pangumbahan.

Sementara, Kepala Operasional dan SDM Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom mengatakan, telah menyiapkan anggota yang berjaga di Pantai Ujung Genteng untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

“Kami sudah tempatkan anggota Balawista disana untuk pengamanan wisata laut Ujung Genteng dan Cibuaya,” jelas Asep.

Pihaknya mengimbau, para pengunjung agar mematuhi setiap arahan atau himbauan yang diberikan petugas supaya tidak terjadi kecelakaan laut.

“Kami imbau para pengunjung menaati himbauan yang diberikan petugas keamanan wisata pantai, selain itu pengunjung jangan berenang melewati batas aman yang telah ditentukan,” tandasnya.

Di Pantai Sawarna, salah satu tempat spot selfi sekaligus res area, wisatawan menyempatkan diri di Puncak Habibie, yang ada di Desa Pasirbaru Kecamatan Cisolok, yaitu salah satu tempat terakhir yang berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Banten. Selain itu berkah libur idul fitri juga terasa oleh para pedagang yang ada di Puncak Habibi.

Diungkapkan salah seorang pengunjung, Irwan Pratama (25) tujuan datang ke Pantai Sawarna sengaja beristirahat di Puncak Habibie, menurutnya tempatnya benar-benar pas dengan pemandangan laut dan pegunungan.

“Ya kita sudah bermalam di sekitar karang hawu dan melanjutkan ke sawarna, memang kita sengaja istirahat di sini sambil menikmati matahari terbit,” Singkatnya saat ditemui Masaginews.com sembari menikmati kopi. Sabtu (8/6/2019).

Kedatangan wisatawan pun di syukuri pedagang, karena menurutnya tahun sekarang ada peningkatan dari penghasilan di banding tahun kemarin.

“Alhamdulillah ada peningkatan, meskipun mereka hanya singgah dan beristirahat, baik dari arah Banten menuju Sukabumi ataupun sebaliknya,” ujar Ahmad (38) salah satu pedagang di Pantai Sawarna.

Lanjut dia, libur saat ini bukan hanya puncak habibie yang ramai, melainkan puncak cikembangpun sekarang banyak di singgahi wisatawan yang melintas.

“Saya kan keliling, ternyata bukan hanya puncak habibie, puncak Cikembang pun sekarang ramai di singgahi,” pungkasnya. (Ricky)