Wow, Tiap Hari 10 Ton Ikan Tembang Mendarat di TPI Palabuhanratu

Kabupaten Sukabumi – Aktivitas nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhanratu, terlihat sibuk mulai dari bongkar ikan di perahu hingga jual-beli. Bahkan area TPI yang biasanya kosong, sekarang dipenuhi bakul-bakul berisi ikan tembang berukuran kecil.

Kepala TPI Palabuhanratu, David Ibrahim mengatakan, peningkatan aktivitas nelayan dan pelelangan tersebut terjadi sejak tiga hari lalu, ketika nelayan setempat panen ikan.

“Setiap harinya tidak kurang dari 10 ton ikan tembang kecil ini mendarat di dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP),” kata David Ibrahim ditemui masaginews.com di TPI Palabuhanratu. Rabu (15/07/2020).

Dia menjelaskan, sejak bulan Januari lalu nelayan setempat tidak mendapatkan ikan sebanyak ini, sehingga aktivitas lelang juga sepi.

“Alhamdulillah dalam tiga hari ini nelayan bisa menikmati hasil tangkapnnnya, di prediksi dalam beberapa hari kedepan masih terus meningkat hasil tangkapannya,” ujarnya sambil menunjuk beberapa bakul berisi ikan.

Setelah melaui proses lelang, lanjut David, hasil tangkapan tersebut ada yang langsung dijual, ada juga yang di olah menjadi ikan asin, bahkan ada juga yang dijual ke luar daerah, seperti ke Bogor dan sekitar Kota Sukabumi.

“Hari ini bahkan ada permintaan dari daerah Lampung, mengingat pedagang dan pengolah ikan setempat kebutuhannya terbatas sementara ikan produksinya melimpah,” terangnya.

Hal itu, jelas david guna menjaga kestabilan harga dan kelancaran distribusi ke daerah yang memelukan jenis ikan ini. ***