Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Berita Pilihan > TAHUN BARU, WISATAWAN LIBURAN KE SUKABUMI TERPECAH

TAHUN BARU, WISATAWAN LIBURAN KE SUKABUMI TERPECAH

Masaginews.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi memperkirakan kunjungan wisatawan pada libur tahun baru tidak hanya terpusat di wilayah Palabuhanratu, seiring gencarnya promosi Kawasan Geopark Ciletuh.
“Kunjungan wisatawan akan terpecah tidak hanya ke Palabuhanratu karena sudah ada Geopark yang promosinya juga gencar”, ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Yudi Panca Yoga saat ditemui Masaginews.com di ruang kerjanya, Selasa (12/12).
Pecahnya konsentrasi wisatawan, menurut Yudi juga berdampak akan berkurangnya tingkat kemacetan di wilayah Palabuhanratu. “Intinya kita harus siap, karena kita daerah tujuan wisata. Maka-nya berbagai permasalahan yang selalu dikeluhkan masyarakat di media sosial harus bisa diminimalisir”, katanya.
Salah satunya terkait keluhan maraknya kutipan-kutipan di berbagai objek wisata yang akan dibahas serius bersama para kepala desa dan pihak kepolisian. Pihak dinas khawatir jika nantinya kutipan tersebut masuk dalam kategori pungutan liar (pungli), terlebih wilayah diluar Palabuhanratu belum ada peraturan daerah (perda) dan baru akan disahkan tahun 2018 mendatang.
“Seperti di wilayah Palabuhanartu, kalau kita masuk khususnya di kawasan parkir yang bukan diatur oleh Dinas Pariwisata tetapi banyak oknum memungut dengan dalih ada perdes nya. Saya gak tahu boleh atau tidak, nanti kita bicarakan dengan seluruh kepala desa disaksikan kepolisian”, jelas Yudi.
Yudi juga menghimbau pengusaha jasa perhotelan yang akan menggelar acara berupa hiburan pada malam tahun baru harus mematuhi izin. Khususnya terkait perda zero (nol) minuman keras yang seringkali dikeluhkan oleh para wisatawan asing.
“Bagi wisatawan silahkan bersenang-senang, tetapi jaga kebersihan dan ketertiban. Khusus di pantai, patuhi himbauan petugas Balawista untuk antisipasi terjadinya banyaknya kecelakaan laut. Karena dari tahun ke tahun banyak terjadi musibah, kita berharap tahun ini bisa diminimalisir dan tidak banyak korban”, tandasnya.
Lebih lanjut Yudi mengungkapkan bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh pada tanggal 31 Desember akan disuguhkan acara Melayang Dilangit Geopark. “Silahkan nanti wisatawan bisa menikmati panorama Geopark dengan terjun bebas menggunakan Paralayang dari atas Puncak Darma”, pungkasnya. (Feb)

REKOMENDASI:

Hendak Masak Mie, Api Tiba-Tiba Menyambar Tubuh Rendi Kota Sukabumi- Kebakaran kembali terjadi di kawasan padat penduduk tepatnya di salah satu rumah kontrakan di Kampung Cisarua Legok, RT 01/13, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi sekira pukul 21.00 WIB, Sab...
Tekan Angka Pengangguran, Job Fair Kota Sukabumi Bakal Bidik 3.000 Ten... Kota Sukabumi - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi akan kembali menyelenggarakan Job Fair atau Bursa Kerja Tahun 2018. Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 17-18 Juli mendatang ini d...
WAKIL BUPATI SUKABUMI ADJO SARDJONO MELEPAS KHAFILAH STQ Bertempat di Aula Pendopo Sukabumi , Jumat ( 07/04) , Wakil Bupati Sukabumi H.Adjo sardjono melepas Kafilah STQ sebanyak 18 orang peserta , dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah memberikan a...
Hasil Audit Dana Kampanye Pilkada Kota Sukabumi, Fahmi-Andri Layak Dil... Kota Sukabumi - Komisi Pemilihan Umum  menyerahkan audit dana kampanye dari Kantor Akuntan Publik  terhadap laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi. ...
Duet Maut Anggota TNI dan Polri Berhasil Membekuk Buronan Kasus Pencur... Kabupaten Sukabumi - Duet maut anggota TNI dan Polsek Cibadak Kabupaten Sukabumi diacungi jempol. Keduanya yang diketahui anggota Intel Kodim 0607 Sukabumi, Peltu Dody Widodo Putra dan Panit Intel Polsek Cibadak, Bripka ...