5 Distro Linux alternatif pengganti Sistem Operasi Windows di PC/Laptop

masaginews.com – Tidak dapat dipungkiri lagi jika Microsoft Windows adalah Sistem Operasi yang paling populer untuk PC/ Laptop di Indonesia saat ini, walaupun pesaing nya Mac OS telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia namun Windows masih mendominasi karena Tampilan nya yang mudah dimengerti oleh kebanyakan orang di Indonesia. Windows sangat banyak digunakan di Indonesia karena banyaknya Pihak yang menjual bajakan produk dari Microsoft ini, walaupun Microsoft pernah meng-gratiskan update Windows 10 dari windows 7 s/d Windows 8.1 selama 1 tahun pada awal peluncuran Windows 10, namun sekarang sudah banyak web yang menyediakan bajakan Windows 10 ataupun aktifatornya. Mungkin ini disebabkan karena mahalnya harga Windows 10 saat ini untuk masyarakat Indonesia (Harga Windows 10 pro 32bit adalah R.p 2,749,999) atau mungkin masyarakat indonesia yang kebanyakan kurang menghargai kepada developer, padahal untuk membuat sebuah Sistem Operasi Windows 10 bukanlah hal yang gampang.

Sebagai alternatif Sistem Operasi untuk kalian yang belum mampu membeli Windows Original dan namun tidak ingin memakai produk bajakan semata-mata ingin menghargai para developer Microsoft, Om Dim akan kasih 5 Sistem Operasi berbasis Linux sebagai Sistem Operasi alternatif.

Apa sih Linux…???

Linux adalah Sistem Operasi yang sama hal nya seperti Windows atau Mac OS, nama Linux berasal dari nama pembuatnya yaitu  Linus Torvalds dan diperkenalkan pada tahun 1991.

Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source. Artinya setiap orang bisa dengan bebas untuk menggunakannya. Baik itu mengubah, memodifikasi, atau bahkan mendistribusikannya. Bebas dalam artian siapapun boleh menggunakannya secara gratis. Mengubah dalam artian siapapun boleh mengubah dan memodifikasi sumber kode-kode programnya sesuai dengan keinginan atau kebutuhannya. Bahkan Kalian juga bisa membuat sistem operasi linux versi Kalian sendiri (tentunya bagi yang sudah mahir dengan pemrograman). Dan kalian juga diperbolehkan untuk mendistribusikannya, dalam artian kalian di perbolehkan untuk menyalin (copy), dan membagikannya kepada siapapun.

Karena hal itulah sistem operasi Linux bisa melahirkan berbagai versi atau varian yang bermacam-macam. Sehingga banyak dari kalangan programmer membuat varian linux versi mereka sendiri yang mereka kembangkan sesuai dengan keinginan mereka.

walaupun banyak Distro Linux (Distribusi Linux) namun Om Dim bakal kasih kalian 5 Distro Linux Terbaik menurut Om Dim buat kalian yang mau cobain Sistem Operasi berbasis Linux.

 

1. Ubuntu

Diurutan pertama yang Om Dim rekomendasikan yaitu Ubuntu, karena Ubuntu memang sudah sangat populer dikalangan pengguna Linux baik itu kalangan personal ataupun perusahaan. Ubuntu menjadi sangat terkenal karena kemudahan dalam instalasi dan mudah juga penggunaannya, selain itu sudah banyak dukungan aplikasi untuk Ubuntu yang dapat menunjang pekerjaan kalian sehari-hari. Seperti Om Dim memakai Ubuntu untuk bikin artikel ini (dikarenakan cuma dapet gratis Windows 10 Pro untuk 1 Laptop saja, hehehe…).

Setelah kalian install Ubuntu di PC/Laptop kalian, maka kalian gak harus diribetkan dengan install driver atau Office untuk mengetik atau install photoshop buat edit foto atau install yang lainnya, karena Ubuntu sudah memberikan semua keperluan kamu secara gratis, dan kalian bisa mendownload secara gratis pula aplikasi yang disediakan di Ubuntu Software. namun untuk dapat memutar file mp3 dan format lainnya kalian harus install codec dulu ya!.

melihat hal itu Om Dim kira Ubuntu dapat menjadi soulsi Sistem Operasi alternatif pengganti Windows atau Mac OS, karena tampilan usernya yang mudah dimengerti (hampir sama kaya windwos atau Mac OS) jadi kalian gak bakal terlalu pusing oleh tampilan nya.

buat kalian yang mau nyicipi Ubuntu silahkan download di situs resminya www.ubuntu.com

2. Linux Mint

dilansir dari DistroWatch, Linux Mint yang berbasis Ubuntu merupakan Distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Tampilannya yang mirip dengan Windows merupakan keunggulan Linux Mint, membuatnya menjadi simple namun tetap elegan.

Salah satu kelebihan dari Linux Mint adalah menyediakan berbagai paket aplikasi bawaan seperti browser plugin, media codec, DVD playback, Java, dan komponen lainnya.

Instalasi paket aplikasi dari Linux Mint berbasis web, dan kompatibel dengan software respository milik Ubuntu menjadikan distro Linux yang satu ini cukup populer.

mau nyicipin Linux Mint, Download di website resminya di www.linuxmint.com

3. Deepin

sama halnya seperti Linux MintDeepin adalah sistem operasi yang berbasis Ubuntu Linux. pengguna yang baru mengenal Linux mungkin akan terpesona dengan keindahan tampilan Sistem operasi Ini, tampilan desktop Deepin memang cukup modern dan elegan, pada tampilan desktop environment nya Deepin menampilkan menu deck yang memukau yang berisi icon aplikasi favorit. berbeda dengan Ubuntu yang menggunakan tampilan Unity, Deepin mempunya tampilan dekstop sendiri yang Deepin kembangkan yaitu DDE (Deepin Desktop Environment).

untuk instalasi aplikasi, Deepin mempunya Deepin Software Center yang berisi aplikasi yang dapat di download untuk di install.

kemudahan dalam instalasi ini membuat Deepin cocok untuk menjadi alternatif Sistem Operasi.

Cicipin Deepin, download aja di website resminya www.deepin.org

4. openSUSE

openSUSE adalah distro Linux yang dikembangkan secara independen oleh komunitas openSUSE yang disponsori oleh perusahaan SUSE Linux. Menargetkan pengguna pemula dan juga menarik minat bagi pengguna yang sudah berpengalaman.

openSUSE juga mendukung banyak desktop environment, seperti Cinnamon, GNOME, IceWM, KDE, LXDE, Openbox, WMaker, dan Xfce.

openSUSE hadir dengan YaST (Yet another Setup Tool). Yakni program administrator untuk mengontrol hardware, mengkonfigurasi jaringan, dan mengkustomisasi sistem Linux dengan lebih mudah.

mau cicipin openSUSE?? download aja di website resminya di www.opensuse.org

5. Elementary OS

Elementary OS menawarkan tampilan desain yang modern dan elegan. Fokus dari pengembangan sistem operasi ini adalah untuk membuat penggunanya betah dan nyaman saat bekerja atau menggunakan OS ini.

Elementary OS juga berbasiskan pada Linux Ubuntu. Tentunya dari segi fitur akan tetap sama indentiknya dengan Ubuntu tanpa mengesampingkan fungsionalitasnya.

Yuk Download Elementary OS di websitenya www.elementary.io

 

Nah, itulah 5 Distro Linux pilihan Om Dim buat kalian sebagai alternatif pengganti Windows, semoga bermanfaat buat kalian ya!.

buat kalian yang punya pendapat tentang Distro Linux yang menurut kalian lebih menarik silahkan tuliskan di kolom komentar!.