Minggu, Agustus 19, 2018
Home > Berita Pilihan > UPAYA DESA GANDASOLI CIKAKAK KABUPATEN SUKABUMI JADI SENTRA BUDIDAYA DUREN

UPAYA DESA GANDASOLI CIKAKAK KABUPATEN SUKABUMI JADI SENTRA BUDIDAYA DUREN

Masaginews.com – Letak geografis Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi yang berada di dataran tinggi dilingkupi perbukitan menjadi potensi untuk mengembangkan hasil pertanian tanaman buah seperti Duren.

Bicara soal Duren, sebenarnya sudah sejak lama menjadi komoditas andalan bagi masyarakat di desa tersebut. Karena kurang fokus, potensi ini seiring waktu meredup.

Kepala Desa Gandasolih Muhammad Saeban (batik kuning) bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami (batik coklat) saat menunjukkan buah duren khas Desa Gandasolih, Kecamatan Cikakak. (Foto: Muhammad Saeban)

Melihat peluang dan pangsa pasar yang luas, Kepala Desa Gandasoli Muhammad Saeban berupaya untuk kembali menjadikan daerahnya sebagai sentra budidaya buah Duren.

Bukan hanya budidaya, pria yang baru menjabat kades 1,5 tahun itu juga ingin Gandasoli menjadi desa wisata dengan menciptakan sebuah kampung duren.

“Potensi disini pada dasarnya buah durian, jika fokus bisa jadi unggulan yang terus dibudidayakan. Minimal satu kebun milik warga ada tanaman buah yang produktif,” ujar Saeban kepada Masaginews.com di ruang kerjanya, Selasa (19/12).

Meski belum banyak warga yang menanam pohon duren, tapi Saeban menargetkan lima tahun kedepan harus menjadi mayoritas. Alasannya, kondisi wilayah Desa Gandasoli yang berada di ketinggian sangat cocok dan durian jenis apapun yang ditanam akan tumbuh baik.

“Dari dulu sudah ada, hanya saja tidak fokus. Nanti tidak sekedar produksi duren, tetapi juga mengembangkan turunannya,” katanya.

Saeban berharap kedepan Gandasoli bisa menjadi desa wisata dengan membentuk sebuah kampung duren. “Nanti bisa jadi namanya durian Gandasoli,” harapnya. (Feb/Deri)

REKOMENDASI:

MILIKI SABU, DUA PEMUDA DIRINGKUS SAT NARKOBA POLRES SUKABUMI Masaginews.com - Satuan Narkoba Polres Sukabumi menangkap dua pemuda asal Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang memiliki dua paket narkoba jenis sabu. Penangkapan dua pemuda bernama Padsah Maulana (2...
Batal Ikut Piala Suratin, Perssi Kota Sukabumi Terancam Gagal ke Liga ... Masaginews.com - Kota Sukabumi dipastikan tidak akan mengirimkan perwakilan mengikuti gelaran kompetisi sepakbola Piala Suratin U-17 Jawa Barat 2018 akibat tidak memiliki dana. "Kami batal ikut Piala Suratin karena ti...
Perkakas Kayu, Si Cantik Yang Sepi Peminat Reportase : Deri Herdiana Masaginews.com - Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi merupakan sentra kerajinan berbahan dasar kayu, para pengrajin disini mengkhususkan diri mengolah kayu menjadi beragam perkakas dap...
Anti Golput, Pemilih Lapas Warungkiara Nyoblos Pakai Kursi Roda Kabupaten Sukabumi - Animo pemilih warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Warungkiara cukup tinggi dalam menyalurkan hak suara pada pemilihan gubernur dan wakil gunernur Jawa Barat, Rabu (27/6). Satu...
PILWALKOT SUKABUMI RENTAN PEREDARAN UANG PALSU Masaginews.com - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Sukabumi 2018 ternyata rentan terjadinya peredaran uang palsu (Upal). Meski kecil, namun Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat menilai potensinya ada. ...